belajar photography

Cara Menggunakan Lensa M42 dengan Canon EOS DSLR

Cara Menggunakan Lensa M42 dengan Canon EOS DSLR | Sebuah EOS D30, dilengkapi dengan 50mm f/1.8 lensa Pentacon dari akhir 70-an.
Sebagai alternatif untuk lensa mahal, banyak orang telah memasang M42, ini biasa disebut "Pentax sekrup thread") dan lensa untuk kamera DSLR Canon mereka. 


Cara Menggunakan Lensa M42 dengan Canon EOS DSLR
Lensa M42 berlimpah, dan sering sangat murah dibandingkan dengan rekan-rekan mereka yang lebih modern, karena mereka cocok satu ton '60-an dan '70-an SLR 35mm. Berbeda Penyangga lain, mereka memiliki flange focal kedalaman yang sangat dekat dengan EOS, yang berarti Anda tidak kehilangan kemampuan untuk fokus hingga tak terbatas.
Anda perlu untuk mencoba menggunakan salah satu dengan EOS SLR digital.


1. Sebuah lensa M42 dengan adaptor fitted. Screw EOS adaptor ke lensa M42. Hal ini cukup mudah, tapi lembut untuk giliran pertama atau kedua, agar tidak silang-benang baik lensa atau adaptor.

2. Sejajarkan tanda merah di adaptor, jika ada satu dengan tanda merah pada kamera bodyAlign tanda merah pada adaptor. dan Lensa (atau lebih tepatnya, adaptor melekat padanya) harus turun ke tempatnya tanpa upaya nyata, sama seperti lensa Canon.

3. Putar searah jarum jam dan adaptor ia akan mengunci ke tempatnya "klik" ke tempatnya. Sekali lagi,hal ini pas seperti lensa apapun untuk Canon.

4. Setel tombol mode ke Av (aperture priority) mode. karena kamera akan memiliki cara untuk mengontrol aperture lensa, ini akan menjadi satu-satunya yang bekerja, (kecuali pengguna (M) mode, yang mungkin lebih kompleks dari yang Anda ingin gunakan). "Prioritas Aperture" berarti bahwa kontrol eksposur akan dilakukan oleh kamera menyesuaikan kecepatan rana yang sesuai dengan aperture yang telah Anda pilih.

5. The dioptric pada D30. ini perlu dikoreksi mengingat bahwa Anda akan fokus secara manual, Set lensa Anda untuk fokus pada sesuatu jarak yang dikenal jauh (atau, lebih sederhana, fokus lensa hingga tak terbatas dan bertujuan untuk sesuatu yang sedikit lebih jauh dari jarak terdekat berikutnya pada lensa Anda). Melihat melalui jendela bidik, dan putar dioptric penyesuaian.

6. Set lensa Anda ke "Manual" (M) dengan perusahaan pengguna / auto switch. Dengan kamera M42 normal, "Auto" mode, tuas di dalam kamera akan menekan pin pada bagian belakang lensa untuk menghentikannya ke aperture yang dipilih selama metering. Tentu saja, bodi kamera EOS tidak memiliki hubungan seperti itu, sehingga Anda akan perlu untuk menghentikan secara manual.

7. Set lensa dengan bukaan terlebar, yaitu f / nomor terkecil. Anda perlu melakukan ini untuk membuat layar seterang mungkin untuk fokus.

8. Focus pada subjek remang. Karena Anda sering tidak akan memiliki bantuan di cermin Anda, seperti cincin microprism, untuk membantu Anda fokus akurat, ini bisa menjadi canggung. Kadang-kadang membantu untuk menjaga memutar cincin sampai Anda berada di fokus, putar sedikit lebih jauh sampai anda keluar dari fokus, Setelah Anda dalam fokus, aperture menghentikan Anda turun dengan beberapa perhentian, ini akan memberikan Anda lebih mendalam tentang lapangan untuk mengkompensasi kesalahan pemfokusan tak terelakkan, betapapun kecilnya.

9. Mengambil foto. Ambil beberapa foto mata pelajaran remang. Lihatlah mereka di layar LCD Anda, kemungkinan besar Anda akan menemukan lensa Anda secara konsisten di bawah-atau over-ekspose dalam kondisi tertentu (misalnya, Pentacon 50mm 1.8 cenderung menyebabkan kamera overexpose sekitar 1-2 EV) , sehingga Anda akan perlu ....


Cara Menggunakan Lensa M42 dengan Canon EOS DSLR
10. Mengatur kompensasi pencahayaan. Kompensasi eksposur pada EOS mempertahankan kontrol otomatis atas kecepatan rana, tetapi akan underexpose atau overexpose gambar dengan jumlah yang diberikan. Percobaan dengan berbagai tingkat kompensasi dan mengambil foto sebanyak yang Anda butuhkan untuk bisa melakukannya dengan benar.

11. Diambil dengan EOS D30, lensa 50mm f/1.8 Pentacon. Get luar sana dan mulai mengambil lebih banyak foto. Setiap lensa memiliki keterbatasan, dan banyak dari mereka akan memiliki kekuatan unik. Pada akhirnya, Anda hanya dapat mengetahui apa ini, dengan mengambil foto sebanyak yang Anda bisa.


Oke.! Demikianlah pengetahuan tentang bagaiamana "Cara Menggunakan Lensa M42 dengan Canon EOS DSLR.

Semoga Bermanfaat